Kemunafikan Gary Neville di Chelsea

“Pemain Amerika Boehly sepertinya ingin bermain sebagai Manajer Sepakbola. Ada sesuatu dalam dirinya, mereka sedikit panik. Tekanan itu ada padanya.” Itulah kata-kata Gary Neville di The Overlap sebelum sebuah bola ditendang musim ini. Dia ditanya tentang jendela Chelsea dan bagaimana kepemilikan baru di bawah Todd Boehly dan Clearlake telah dilakukan.

Kemunafikan Gary Neville di Chelsea

“Orang Amerika”, serunya, terdengar agak tidak sopan, atau seolah-olah dia baru pertama kali mendengar nama Boehly beberapa menit sebelum diminta mengomentari masalah ini. “Dia tidak akan mendapat tekanan itu jika dia menahan orang-orang yang ada di sana sebelumnya [Granovskaia, Buck dan Cech] dan membiarkan mereka beroperasi selama satu atau dua tahun.”

Baca Juga : Dynamo Kyiv Mencapai Babak Playoff Liga Champions: PSV Maju

Tuduhan bermain manajer sepakbola adalah salah satu yang sedikit terjebak, mengingat sifat kacau dan sangat sibuk dari jendela transfer Chelsea. Bergerak cepat melalui beberapa target dalam waktu singkat telah menangkap orang-orang yang bahkan mengikuti klub untuk mencari nafkah.

Tapi itu memukul Neville perlu memberikan garis yang kuat dalam waktu singkat. Ekosistem Liga Premier dari pakar terkenal mengatakan sesuatu yang menarik – seorang pelatih top kemudian ditekan pada hal yang menarik – liputan TV berkisar pada hal yang menarik itu cukup akrab.

“Panik? Tidak. Kerja keras sekali.” Demikian tanggapan Thomas Tuchel kepada reporter Sky sebelum laga pembuka di Everton.

Apa yang ironis sejak komentar itu adalah reaksi tajam Neville terhadap awal buruk Manchester United di bawah Erik Ten Hag, kalah dalam kedua pertandingan dari Brighton dan Brentford dengan skor agregat 6-1. Masalah di Old Trafford belum teratasi dengan perubahan lain di ruang istirahat, dan diskusi yang sangat lama yang mencakup frasa terkenal seperti “Tapi ini Manchester United” kembali berlaku.

Kemarahan Neville dengan tegas ditujukan pada pemilik Amerika dari klubnya, The Glazers, dan kurangnya investasi yang mereka lakukan sejak pengambilalihan kontroversial mereka pada tahun 2005.

“Satu-satunya uang yang telah dihabiskan untuk pemain di Manchester United adalah uang yang dihasilkan klub, atau dipinjam. Itu tidak berasal dari keluarga [Glazer].” Neville dengan tegas menyatakan dalam pertukaran yang sedikit panas di pinggir lapangan di Brentford dengan Jamie Redknapp di Sky.

“Ada sebuah keluarga di Amerika yang benar-benar membiarkan karyawan mereka mengambil semua pukulan untuk mereka. Itu tidak bisa dimaafkan. Joel Glazer harus naik pesawat ke Manchester besok – beri tahu semua orang apa rencananya. Apa yang dia lakukan ?”

“Mereka [Glazer] harus muncul dan pada dasarnya menghadapi musik – sekaranglah waktunya. Anda tidak bisa terus bersembunyi di Tampa dengan berpikir tidak ada yang akan kembali kepada Anda.”

Ironi dalam kata-kata Neville sulit untuk dilewatkan. Menuntut lebih banyak investasi dari satu set orang Amerika sementara mengutuk pengeluaran yang lain.

Boehly telah menghabiskan banyak waktu di jendela ini. Itu bisa melebihi lebih dari £ 200 juta dan menjadi yang paling banyak dihabiskan dalam satu jendela dalam sejarah klub. Tapi terlepas dari beberapa persepsi luar, penandatanganan yang dibuat tidak dipimpin oleh pria berusia 48 tahun itu dalam perampokan pertamanya untuk memiliki klub sepak bola.

Pelatih kepala Thomas Tuchel mempengaruhi strategi perekrutan bersama dengan tim kepanduan yang masih tersisa dari rezim sebelumnya setelah kepergian Marina Granovskaia dan Petr Cech, yang Tuchel akui dia rindukan. Raheem Sterling, Kalidou Koulibaly, Marc Cucurella dan Carney Chukwuemka adalah semua pemain yang Tuchel memiliki andil dalam meyakinkan mereka untuk bergabung dan ingin menambah skuadnya.

Dalam kekhawatiran pengeluaran yang sembrono, utas yang sangat rinci dan informatif oleh Swiss Ramble yang luar biasa menjelaskan mengapa Chelsea tidak melanggar aturan FFP (Financial Fair Play) di musim panas yang mahal. Khususnya, keuntungan £ 164m dibuat dari penjualan pemain musim panas lalu, ditambah pengeluaran tahun ini, yang telah menurunkan tagihan upah.

Kata-kata kemarahan Neville terhadap kepemilikan United tidak valid. Banyak dari itu benar dan mencerminkan tahun-tahun salah urus dan kurangnya perawatan untuk pulang ke rumah. Tapi pemecatannya terhadap Boehly merusak argumennya untuk lebih banyak investasi di United.